Konfigurasi Jaringan Wireless / Nirkabel - Cisco Packet Tracer

 

Hi! Gw SwipeMoon,

Kali ini gw bakal memberitahu cara membuat skema jaringan wireless sederhana di Cisco Packet Tracer, Sebelum Lanjut, Gw jelasin dulu sedikit tentang Jaringan Wireless / Nirkabel.

Jaringan Wireless / Nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat maupun pada jarak jauh.


Inti IP Address :

PC 1 : 192.168.0.1

PC 2 : 192.168.0.2

LAPTOP 1 : 192.168.0.3

LAPTOP 2 : 192.168.0.4

SUBNET MASK NYA SAMA SEMUA : 255.255.255.0


Oke langsung ke caranya aja,

Langkah pertama, Siapkan 2 PC, 2 LAPTOP, 1 AccessPoint.

Susun 2 PC , 2 LAPTOP dan 1 AccessPoint menjadi seperti gambar dibawah :

Langkah kedua, Pencet PC pertama dan pencet Physical, Lalu matikan PC nya, dan ganti adapternya menjadi Linksys-WMP300N, lalu hidupkan kembali PC nya, lakukan hal yang sama ke PC 2 dan Laptop 1,2,3. Kalau sudah terkoneksi, akan muncul garis garis seperti gambar dibawah :



Langkah ketiga, Kalian beri IP Address dan subnet mask di masing² Device , kecuali AccessPoint :v , Pencet satu per satu device nya, lalu pilih desktop dan pencet IPv4 Configuration, Untuk IP Dan Subnet Mask nya ada di awal tadi ya :b

Contoh :

Nah Langkah terakhir, Kalian tinggal mencoba kirim mail dari PC pertama ke PC / LAPTOP lainnya, Kalian pencet salah satu PC / LAPTOP lalu pencet Simple PDU, lalu pencet PC / Laptop lainnya, kalau berhasil terkirim, berarti jaringan wireless / nirkabel sederhana kalian sudah jadi :b


Sekian aja materi dari gw :b


Referensi :

Klik Sini


Best Regards,

SwipeMoon

ForceCyberTeam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel