Pengertian Server Proxy

 


Hai! Gw SwipeMoon

Kali ini gw bakal membahas apa itu server proxy, oke langsung as


Server proxy adalah sebuah sistem yang bekerja sebagai perantara jaringan, misalnya ketika kamu mengakses sebuah halaman website, proxy yang akan melakukan permintaan dan penerimaan informasi dari website tersebut ke perangkat yang lu gunakan. Ada berbagai tingkat keamanan, kerahasiaan informasi, dan fungsi sesuai jenis yang kamu gunakan.


Tergantung jenisnya pula, server proxy bekerja dengan menyambungkan atau malah menghalangi koneksi antara pengirim dan penerima data. Semua data yang masuk melalui satu port akan diteruskan ke seluruh jaringan melalui port lain. Jika server proxy memblokir akses langsung antara dua jaringan, maka hacker akan lebih sulit mendapatkan alamat internal dan detail jaringan pribadi.


Beberapa server proxy bisa berupa sekelompok aplikasi atau server yang memblokir layanan internet umum. Contoh nya proxy HTTP memotong akses web sedangkan proxy SMTP memotong akses terhadap email.


Server proxy menggunakan skema pengalamatan jaringan untuk menyajikan satu alamat IP milik organisasi ke internet. Setelah itu, semua request pengguna diantar ke internet lalu responnya dikembalikan ke pengguna tersebut.


Selain membatasi akses dari luar, mekanisme ini bisa mencegah pengguna dari jangkauan website tertentu, server proxy juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu komponen firewall dan melakukan cache untuk halaman web.


setiap kali pengguna mengakses URL, salinan sementara akan disimpan secara lokal sehingga proxy website dapat diakses lebih cepat saat dibuka lagi :v.


Okeh sekian aja artikel gw :b


Best Regards,

SwipeMoon

ForceCyberTeam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel